Thursday, April 2, 2009

PKBN ANGKATAN VI TAHUN 2009

RESMI DIMULAI,PKBN ANGKATAN VI TAHUN 2009
Dikirim oleh fansyah pada Senin, 23 Maret 2009 Penulis: marti

Yogyakarta: Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) berperan penting dalam memperkuat semangat patriotisme dan nasionalisme. PKBN merupakan upaya menanamkan dan menumbuhkembangkan kesadaran pemuda melaui proses pendidikan penyadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara, meningkatkan sikap berdemokrasi, sekaligus menempatkan pemuda sebagai pelaku utama pembangunan dalam melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa guna mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI


Demikian disampaikan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora) Drs. Sakyan Asmara, M.Sp mewakili Menpora Dr. H. Adhyaksa Dault, M.Si, saat meresmikan Pembukaan Kegiatan PKBN Angkatan VI tahun 2009 yang dipusatkan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Seni dan Budaya, Sleman, Yogyakarta, Minggu (22/3). Turut hadir dalam pembukaan PKBN Angkatan VI adalah pejabat teras Kemenegpora, Departemen Pertahanan, dan Pemda DIY. Kegiatan PKBN Angkatan VI yang diselenggarakan Kemenegpora bekerjasama dengan Departemen Pertahanan ini mengusung tema : “Tingkatkan Semangat Bela Negara Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI” dan akan berlangsung selama 10 hari, yakni sejak tanggal 22 Maret hingga 2 April 2009..

Sakhyan Asmara mengatakan, hasil – hasil yang diharapkan dari kegiatan PKBN ini antara lain meningkatnya wawasan kebangsaan peserta, bertumbuhnya sikap demokrasi yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan dan bernegara, meningkatnya sikap tanggungjawab dan perilaku positif, meningkatnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa yang ditandai oleh peran serta pada segala bidang pembangunan dalam bingkai NKRI serta terjaganya komitment dari instansi terkait baik di tingkat nasional maupun daerah dalam pengembangan potensi kepemudaan.

Ditambahkan Sakyan, PKBN ini merupakan program unggulan Kemenegpora dalam upaya meningkatkan wawasan kebangsaan para pemuda untuk menegakkan negara Kesatuan RI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin berlangsungnya kehidupan berbangsa dan bernegara.


Adapun yang menjadi peserta PKBN ini menurut Twisyono, penanggungjawab kegiatan adalah para pemuda berusia antara 18 hingga 35 tahun. Untuk angkatan VI tahun 2009 ini diikuti 80 peserta yang merupakan unsur Satgas Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dari 15 Propinsi di Indonesia, diantaranya DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera Utara dan Maluku.

No comments: