Friday, March 20, 2009

catatan kuliah

Kuliah Fisika Modern
Maret 23, 2008 — windiart

RADIASI BENDA HITAM
Ketika temperatur berkurang, puncak dari kurva radiasi benda hitam bergerak ke intensitas yang lebih rendah dan panjang gelombang yang lebih panjang. Grafik radiasi benda hitam ini dibandingkan dengan model klasik dari Rayleigh dan Jeans.

Ketika temperatur berkurang, puncak dari kurva radiasi benda hitam bergerak ke intensitas yang lebih rendah dan panjang gelombang yang lebih panjang. Grafik radiasi benda hitam ini dibandingkan dengan model klasik dari Rayleigh dan Jeans.

Dalam laboratorium, benda yang paling mendekati radiasi benda hitam adalah radiasi dari sebuah lubang kecil pada sebuah rongga. Cahaya apa pun yang memasuki lubang ini akan dipantulkan dan energinya diserap oleh dinding-dinding rongga berulang kali, tanpa mempedulikan bahan dinding dan panjang gelombang radiasi yang masuk (selama panjang gelombang tersebut lebih kecil dibandingkan dengan diameter lubang). Lubang ini (bukan rongganya) adalah pendekatan dari sebuah benda hitam. Jika rongga dipanaskan, spektrum yang dipancarkan lubang akan merupakan spektrum kontinu dan tidak bergantung pada bahan pembuat rongga. Pancaran radiasinya mengikuti suatu kurva umum (lihat gambar). Berdasarkan hukum radiasi termal dari Kirchhoff kurva ini hanya bergantung pada suhu dinding rongga, dan setiap benda hitam akan mengikuti kurva ini.

Spektrum yang teramati tidak dapat dijelaskan dengan teori elektromagnetik klasik dan mekanika statistik. Teori ini meramalkan intensitasi yang tinggi pada panjang gelombang rendah (yaitu, frekuensi tinggi); suatu ramalan yang dikenal sebagai bencana ultraungu.

Masalah teoretis ini dipecahkan oleh Max Planck, yang menganggap bahwa radiasi elektromagnetik dapat merambat hanya dalam paket-paket, atau kuanta (lihat bencana ultraungu untuk rinciannya). Gagasan ini belakangan digunakan oleh Einstein untuk menjelaskan efek fotolistrik. Perkembangan teoretis ini akhirnya menyebabkan digantikannya teori elektromagnetik klasik dengan mekanika kuantum. Saat ini, paket-paket tersebut disebut foton
Ditulis dalam Fisika Modern.

Monday, March 2, 2009

Artikel

KBK ATAU KTSP MENUNTUT GURU FISIKA KREATIF

KBK yang dilangsungkan hingga tahun pelajaran ini atau KTSP yang akan diberlakukan tahun depan dan diharapkan tahun 2009 sudah dilaksanakan di segepan satuan Pendidikan. Sebenarnya sangat menuntut para guru fisika di SMA untuk sungguh-sungguh kreatif. Kreatif dalam menyusun silabus yang sesuai dengan kondisi dan situasi siswa atau daerah, juga kreatif dalam membuat media pembelajaran untuk menjelaskan teori dan konsep yang kadang abstrak agar tervisualisasi sehingga mudah dipahami dan dimengerti siswanya.

Media pembelajaran yang dipersiapkan dan dibuat oleh guru sendiri merupakan hal yang mutlak sebenarnya dalam KBK atau KTSP dan hal ini tentunya menuntut kreatifitas dan usaha yang terus menerus dari para guru fisika. Media pembelajaran dapat dibuat dengan teknologi informasi dengan membuat animasi-animasi yang menarik yang dapat memvisualisasikan teori dan konsep fisika yang abstrak, hal ini dapat dibuat sendiri oleh guru yang menguasai program powerpoint atau flash, jika tidakpun paling tidak guru fisika harus surfing di internet untuk memperoleh bahan-bahan tersebut. Selain dengan teknologi informasi dapat pula membuat alat-alat sederhana untuk menjelaskan teori dan konsep fisika tersebut yang disesuaikan dengan kondisi daerah.

Memang disadari bahwa teknologi informasi belum merata di negara kita ini yang sangat luas, tentunya banyak daerah yang belum terjangkau dengan net, ataupun komputer, oleh karena itu di daerah-daerah terpencil guru fisika sangat dituntut dalam kreatifitas membuat alat-alat sederhana yang mampu menjelaskan teori dan konsep fisika, sesuai dengan peralatan yang ada dan kondisi daerahnya. Sedangkan di kota-kota besar memang umumnya melakukan pendekatan dengan teknologi informasi, dengan net maupun perangkat komputer, hal ini menuntut para guru fisika di kota besar untuk mau atau tidak mau menguasai teknologi net maupun komputer.

Apalagi pola pendekatan dan tujuan laboratorium fisika sekarang beralih dari pembuktian teori atau konsep yang diajarkan menjadi life education bagi siswa yang merupakan penilaian psikomotoriknya untuk menemukan teori atau konsep fisika yang sudah ada. Hal ini menuntut para guru fisika membuat lembar kerja siswa yang merangsang siswa untuk bekerja dan mencoba menemukan teori, konsep, rumus fisika sederhana, sehingga mereka dilatih untuk menjadi peneliti-peneliti muda.

Penulis sendiri dalam melaksanakan PBM di SMAK. St. Louis I Surabaya mencoba menggunakan pendekatan teknologi informasi dengan membuat website (http://www.fisika-sma.net) yang berisi silabus dan rpp, diktat, rumus, soal-soal, percobaan sederhana dan slide (power point), nilai-nilai siswa yang dapat diakses oleh siswa baik di rumah maupun di sekolah dengan laptop mereka sendiri. Penulis mencoba pula dengan membuat CD interaktif fisika yang berisi penjelasan teori atau konsep fisika dengan slide (powerpoint), soal-soal uraian yang diisikan dan diberi kesempatan 3 kali untuk menjawabnya dengan benar, atau melihat jawabannya. Juga Uji kompetensi terdiri dari 20 soal obyektif test dan 5 soal uraian yang diisikan siswa dengan menggunakan komputer dan langsung dapat dilihat hasilnya oleh siswa dengan nilai kompetensi 70.

Dalam melaksanakan PBM di sekolah penulis memberikan tugas terlebih dahulu pada para siswa untuk melakukan percobaan sederhana dalam kelompok (4 orang) yang dipresentasikannya dalam kelas. Dengan memberi kesempatan pada para siswa mengembangkan pemikiran dalam percobaan sederhana itu (bahan mereka melihat di website http://www.fisika-sma.net ) melalui pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan mereka diajak memperdalam teori dan konsep fisika yang baru mereka presentasikan, barulah penulis menjelaskannya dengan powerpoint (dapat diakses di www.fisika-sma.net) kemudian penulis memberikan tugas mengerjakan soal-soal.

Para siswa disediakan fasilitas belajar mandiri di rumah dengan CD interaktif dan uji kompetensi sehingga mereka dapat mengulang kembali apa yang telah dijelaskan di ruang media pembelajaran dan mereka dapat melakukan uji kompetensi sendiri di rumah masing-masing.

Dari pengalaman penulis memang dengan KBK dan KTSP ini para guru fisika terdorong dan tertantang untuk terus menerus memfasilitasi siswa untuk dapat mengerti dan memahami teori dan konsep fisika demi kemajuan teknologi di tanah air kita ini. Akhirnya bagi para guru yang kurang berusaha dan kurang belajar akan terlindas sendiri oleh jaman dan akan jauh tertinggal.

Tentunya para guru fisika harus saling menyemangati dan rela untuk berbagi pengalaman, Maka perlulah hal ini disadari dan kemudian terdapat action melibatkan diri dalam suatu sarana saling berkomunikasi antar guru fisika misalnya melalui sebuah rubrik atau yang sekarang sedang tren adalah melalui Blog seperti ini, menulis pemikiran, bahan ataupun artikel yang dapat didiskusikan bersama dengan saling memberikan komentar. Semoga !
Posted by Ar1 at 07:53:58 | Permanent Link | Comments (16) |
PENDIDIKAN DI ABAD 21

Entah anda mau atau tidak, setuju atau siap secara psikologis, waktu takkan berhenti atau menantikan anda. Sementara jam berdentang riang mengantarkan kita ke zaman baru, kita semua memasuki abad ke-21 ini. Zamannya komputer serta net.....



Di Zaman komputer dan net ini, latar belakang keluarga dan kekayaan dirasa tak terlalu penting. Dengan bantuan Net yang ampuh serta komputer yang serba bisa, mudah sekali anda capai sendiri ambisi-ambisi anda. Anda bisa menjadikan impian-impian anda nyata !



Kita bisa memperoleh pengetahuan dan belajar sendiri, sebab segala sumber daya dari seluruh dunia sepenuhnya terhubung di Net. Anda tinggal mengakses berbagai situs jaringan pada komputer pruibadi anda sendiri untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan. Pembelajaran menjadi proses yang mudah dan cepat.



Dengan bantuan komputer yang canggih kita bisa, hanya dengan mengandalkan minat serta ketekunan kita sendiri,melaksanakan suatu tugas yang dulunya menuntut gabungan dari mungkin beberapa ratus atau ribu orang selama bertahun-tahun.



Kita juga bisa mmbeli dan menjual barang-barang dan membayar rekening-rekening kita lewat komputer. Pembeli dan penjual terhubungkan lewat sistem yang sama. Dengan menggunakan komputer informasi disebarkan, bacaan-bacaan serta pengetahuan dihasilkan dan disimpan, pengajaran serta pembelajaran difasilitasi, dan komunikasi diefektifkan. Hampir segala kegiatan manusia dapat dilaksanakan di komputer.



Bahkan sekarang, kartunis dapat menyimpan bacaan serta sketsa-sketsa orisinil, mencari bacaan-bacaan, membuat sketsa-sketsa, menyelesaiankan sketsanya, menambahkan warna-warninya dan mengirimkannya ke seluruh dunia dalam waktu singkat.... semuanya lewat komputer dan Net !



Komputer itu dapat digunakan untuk berbagai keperluan sehingga bukan saja mengubah metode operasi seluruih dunia, melainkan juga kehidupan individu.



Dengan komputer kita bisa mengajar diri sendiri dan belajar sendiri. Kita bisa melaksanakan sendiri tugas apapun, belajar atau bekerja sendirian. Kita bisa melintasi langit seperti seekor naga untuk menikmati pemandangan di masa depan kita.



Di zaman ”komputer upaya satu orang dapia diperbesar milyaran kali dengan bantuan komputer” Kalau anda mampu, anda akan menjadi lebih mampu, kalau anda kurang mampu, ketidak mampuan anda itu akan berkurang ! Di zaman komputer, entah kita berdiri di puncak kemenangan atau tenggelam ke dasar kolam adalah tergantung pada bagaimana kita tangani dan kita tanggapi arus yang tak dapat dihentikan ini.



Pendidikan komputer jelas-jelas sangat penting. Demi masa depan kita sendiri, marilah kita arahkan perhatian penuh kita kepada apa yang dihadapi di masa depan pendidikan di zaman komputer ini.



Paling tidak hal ini menjadi tantangan dan dorongan bagi para guru untuk menguasai program-program yang ada diantaranya adalah : Microsoft word, Excel, Powerpoint, kalau mungkin flash terutama membuat animasi-animasi yang menarik untuk menjelaskan konsep yang abstrak juga internet explorer untuk berselancar mencari bahan-bahan pengajaran, Untuk itu tentunya fasilitas net di sekolah harus tersedia. Semoga !

Artikel

Sistem Komunikasi Serat Optik
[Friday, January 02, 2009 | 0 comments ]

Perkembangan dan penerapan teknologi telekomunikasi dunia yang berkembang dengan cepat, secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan sistem telekomunikasi Indonesia. Beroperasinya satelit telekomunikasi Palapa dan kemudian pemakaian SKSO (Sistem Komunikasi Serat Optik) di Indonesia merupakan bukti bahwa Indonesia juga mengikuti dan mempergunakan teknologi ini di bidang telekomunikasi.

Tidak disangkal lagi bahwa serat optik akan memberikan kemungkinan yang lebih baik bagi jaringan telekomunikasi. Serat optik adalah salah satu media transmisi yang dapat menyalurkan informasi dengan kapasitas besar dengan keandalan yang tinggi. Berlainan dengan media transmisi lainnya, maka pada serat optik gelombang pembawanya tidak merupakan gelombang elektromagnet atau listrik, akan tetapi merupakan sinar/cahaya laser.

Sebagaimana namanya maka serat optik dibuat dari gelas silika dengan penampang berbentuk lingkaran atau bentuk-bentuk lainnya. Pembuatan serat optik dilakukan dengan cara menarik bahan gelas kental-cair sehingga dapat diperoleh serabut/serat gelas dengan penampang tertentu. Proses ini dikerjakan dalam keadaan bahan gelas yang panas. Yang terpenting dalam pembuatan serat optik adalah menjaga agar perbandingan relatif antara bermacam lapisan tidak berubah sebagai akibat tarikan. Proses pembungkusan seperti pemberian bahan pelindung atau proses pembuatan satu ikat kabel yang terdiri atas beberapa buah hingga ratusan kabel pengerjaannya tidak berbeda dengan pembuatan kabel biasa.

Keunggulan Transmisi Serat Optik
Sistem transmisi serat optik ini dibandingkan dengan teknologi transmisi yang lain mempunyai beberapa kelebihan, antara lain :

* Redaman transmisi yang kecil

Sistem telekomunikasi serat optik mempunyai redaman transmisi per km relatif kecil dibandingkan dengan transmisi lainnya, seperti kabel coaxial ataupun kabel PCM. Ini berarti serat optik sangat sesuai untuk dipergunakan pada telekomunikasi jarak jauh, sebab hanya membutuhkan repeater yang jumlahnya lebih sedikit.

* Bidang frekuensi yang lebar

Secara teoritis serat optik dapat dipergunakan dengan kecepatan yang tinggi, hingga mencapai beberapa Gigabit/detik. Dengan demikian sistem ini dapat dipergunakan untuk membawa sinyal informasi dalam jumlah yang besar hanya dalam satu buah serat optik yang halus.

* Ukurannya kecil dan ringan

Dengan demikian sangat memudahkan pengangkutan pemasangan di lokasi. Misalnya dapat dipasang dengan kabel lama, tanpa harus membuat lubang polongan yang baru.

* Tidak ada interferensi

Hal ini disebabkan sistem transmisi serat optik mempergunakan sinar/cahaya laser sebagai gelombang pembawanya. Sebagai akibatnya akan bebas dari cakap silang (cross talk) yang sering terjadi pada kabel biasa. Atau dengan perkataan lain kualitas transmisi atau telekomunikasi yang dihasilkan lebih baik dibandingkan transmisi dengan kabel. Dengan tidak terjadinya interferensi akan memungkinkan kabel serat optik dipasang pada jaringan tenaga listrik tegangan tinggi (high voltage) tanpa khawatir adanya gangguan yang disebabkan oleh tegangan tinggi.

* Kelebihan lain

Adanya isolasi antara pengirim (transmitter) dan penerimanya (receiver), tidak ada ground loop serta tidak akan terjadi hubungan api pada saat kontak atau terputusnya serat optik. Dengan demikian sangat aman dipasang di tempat-tempat yang mudah terbakar. Seperti pada industri minyak, kimia, dan sebagainya.

Sumber : elektroPII

Artikel

Gerhana Matahari 26 Januari 2009
[Wednesday, January 21, 2009 | 5 comments ]

Ada berita mendadak nih temen-temen. Salah satu rekan saya yang ikut dalam unit kegiatan khusus club astronomy himpunan mahasiswa fisika FPMIPA UPI. Pada hari senin, 26 Januari 2009 akan mengadakan pengamatan terhadap sebuah fenomena alam yang jarang kita lihat setiap hari yaitu gerhana matahari.

Fenomena gerhana matahari ini sangat menarik, karena gerhana ini hanya melewati daratan wailayah indonesia saja khususnya daerah selat sunda dan sekitarnya. Dan gerhana yang melewati Indonesia berikutnya baru akan terjadi pada tahun 2016. Kapan lagi coba! Jadi jangan siasiakan momen ini.

Gerhana yang terjadi di daerah tersebut adalah gerhana cincin, dan dapat dinikmati dari awal sampai akhir sekitar 3 jam, jadi temen-temen bisa mengabadikan fenomena ini.


Tapi bagi temen di Jawa Barat atau Bandung dan sekitarnya, tenang aja gerhana tersebut juga dapat terlihat, hanya yang terlihat adalah gerhana sebagian, tapi jangan kecewa daerah matahari yang tertutupi bulan sama ko sekitar 80%. jadi yang akan terlihat akan seperti bentuk sabit. Bagus juga untuk di foto.


Nah bagi temen-temen yang ingin mengamati atau melihat fenomena tersebut. Jangan lupa pakai pengaman jangan sampai mata kita langsung mengarah ke matahari yang bersinar.

Berbahaya! Gunakan filter atau pengaman seperti kacamata Gerhana.

Nah bagi temen-temen yang dekat kampus UPI-Bandung, bisa datang ke gedung Fakultas MIPA jam 13.30 untuk mengikuti kegiatan pengamatan bersama. Di sana, kami menyediakan kacamata gerhana yang dapat temen-temen pakai untuk melihat gerhana matahari ini. Don't miss it!

Namun jika tidak sempat bisa juga melihat tayangan langsung dari berbagai titik pengamatan yang dilakukan temen-temen Astronomi.

Seperti yang dilakukan oleh tim HIMASTRON akan memantau di KOTA AGUNG. Tim Langit Selatan akan Memantau di UNILA-Lampung, dan sebagian temen-temen lain akan bergabung dianyer, termasuk Tim CAKRAWALA dan Jurusan Fisika FPMIPA UPI akan mengamati di ANYER.

Semua titik tersebut dapat dilihat tayangan langsungnya lewat situs bosscha.itb.ac.id atau gunakan link berikut ini :
http://rbn.itb.ac.id:8080/ramgen/broadcast/eclipse-upibdg.rm
http://rbn.itb.ac.id:8080/ramgen/broadcast/eclipse-anyer1.rm
http://rbn.itb.ac.id:8080/ramgen/broadcast/eclipse-anyer2.rm
temen-temen harus mempunyai aplikasi real media player atau codec yang dapat memutar video yang distream.

Jadi selamat Menikmati Gerhana Matahari Cincin
oleh : Nurzaman@Cakrawala
situs Cakrawala UPI: http://astro4info.blogspot.com

Artikel

101 Fakta Fisika
[Wednesday, September 24, 2008 | 0 comments ]


Dalam pembelajaran IPA, tidak terkecuali fisika, peranan konsep, fakta, .....

Tjia May On pernah memberikan penjelasan bahwa ada perbedaan antara bukti dan fakta dalam fisika. Intinya ia mengatakan bahwa dalam fisika yang ada hanya fakta bukan bukti. Goldstein dalam How Science Work memberikan penjelasan. Dalam pembelajaran fisika tentu sangat diperlukan pemahaman siswa untuk dapat membedakan antara fakta dengan konsep-konsep fisika itu sendiri.

101 fakta fisika berikut ini adalah fakta-fakta fisika yang dikumpulkan oleh Jim Davidson, dari High School Physics Teacher.

Sunday, March 1, 2009

Materi

RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH
1. Pengertian Listrik
arus listrik yaitu aturan partikel – partikel bernuatan listrik
Syarat – Syarat Arus Listrik
a. adanya beda potensial antara kedua kutub
b. rangkaian tertutup
Tiga Hal Penting Tentang Arus Listrik
1. arah arus listrik mengikuti p[ergerakan muatan positif
2. arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah
3. arah arus listrik berlawanan dengan electron

2. Kuat Arus Listrik
Kuat arus listrik yaitu banyaknya muatan (+) yang berpindah pada satuan waktu dengan rumus:
I = q/t
Keterangan
I = Kuat arus listrik
Coulumb / ampere
Sekon
Q = banyaknya muatan listrik
T = waktu (sekon)

3. Hukum Ohm
Ditemukan oleh George Simon Ohm yang berbunyi:
“besarnya tegangan (V) pada komponen yang memenuhi hukum ohm sebanding dengan kuat arus listrik asalkan sehu di jaga /tutup” denga rumus:

V = I X R
Keterangan:
V = potensial Listrik (volt)
I = kuat arus listrik (ampere)
R = hambat kawat (ohm)

4. Hambatan Kawat
Hambatan suatu kawat adalah;
1. sebanding dengan hambat jenis kawat
2. sebanding dengan panjang kawat
3. sebanding terbalik dengan luas penampung kawat
dengan rumus:
R = . l
A
R = hambatan kawat (ohm) l = panjang kawat (m)
= hambatan jenis kawat (ohm.m) = luas penampung kawat (m2)