Thursday, July 14, 2011

Pengembangan Potensi Diri

PENDAHULUAN
Manusia diciptakan oleh Allah dalam kondisi yang lemah, kemudian Allah memberikan fasilitas pendengaran, penglihatan dan akala budi agar manusia dapat berkembang dan mensyukuri nikmat kehidupannya. Akan tetapi banyak manusia yang tidak menyadari segala potensi yang diberikan oleh Allah kepadanya.
Setelah terlahir di dunia, manusia akan dihaadapkan masalah demi masalah. Tidak ada kehidupan tanpa masalah. Manusia dari waktu ke waktu akan bekerja semakin berat. Tidak jarang kecepatan pertumbuhan jumlah masalah lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan kita menangani masalah.
Manusia yang dapat memanfaatkan segala potensi dirinya dengan baik dan mampu menyelesaikan permasalahan hidupnya, maka akan dapat menemukan kebahagiaan hidup. Sebaliknya, apabila manusia tidak dapat menggunakan potensi yang dimilikinya dengan optimal maka malapetaka dalam kehidupannya akan banyak dijumpai.
Masalahnya, bagaimana kita dapat mengembangkan potensi yang telah kita miliki, agar manusia dapat memperoleh kebahaagiaan sejati.
POTENSI MANUSIA
Manusia dapat berkembang melalui berfikir, bergerak atau bekerja dikarenakan adanya dorongan atau motivasi tertentu. Dorongan atau motif yang mendasari orang melakukan aktivitas sangat bervariasi sebabnya. Orang boleh saja sama-sama melakukan sholat, akan tetapi alasan dasar dia melakukan sholat dan keinginan apa yang diharapkan tentu sangat berbeda, walaupun dia sama-sama muslim.
Motivasi seseorang untuk melakukan sesuatu ada yang disebabkan karena faktor internal dan ada yang dari faktor eksternal. Yang sering menjadi masalah adalah memformulakan motivasi menjadi perilaku yang permanen.
Manusia dengan konsep dirinya menjadi unsur terpenting dalam menentukan pengembangan diri. Disini semua manusia mempunyai kesamaan potensi, akan tetapi potensi itu ada yang digali dan ditumbuh suburkan menjadi potensi yang luar biasa, disisi lain ada orang yang tidak menggunakan potensinya untuk merubah dirinya.
PROSES dan
Transformasi internal

Rangsangan Aksi dan
Eksternal Reaksi
berupa Sikap dan Perilaku
PENGEMBANGAN POTENSI
Ada dua kelompok untuk mengembangkan potensi diri manusia dalam menghadapi dinamika hidup. Pertama , Spiritual motivation: kita mau melakukan kegiatan karena adanya dorongan dari dalam hati, nurani, kehendak, bathin dan akhal budi kita. Kedua, Technical motivation kita dapat merealisasi keinginan hidup ini karena kita memiliki ketrampilan teknis sehingga kita merasa enjoy dengan kegiatan dan amal yang kita kerjakan.
Al Banna mengatakana, bahwa amalan hati lebih penting dibandingkan dengan amalan fisik . Oleh sebab itu memperhatikan pengembangan diri tentang faktor-fator kenapa kita berbuat lebih penting dibandingkan hanya mengontrol kita hanaya beramal saja. Pada titik tertentu, jika seseorang keropos dalam konsep ini, banyak kemudian orang menjadi lemah mental dan tidak jarang mereka beramal tetapi hanya untuk dipuji saja.
Ada jargon yang mengatakan Big think-start small , act now, merupakan konsep yang perlu kita renungkan untuk kontek perkembangan mikro diri kita.
MODEL PENGEMBANGAN POTENSI DIRI
Motivasi spiritual
Anda harus mempelajari konsep diri dengan baik. Nilai-nilai keagamaan merupakan pondasi dasar yang tidak dapat lagi anda pungkira urgensinya. Berapa banyak orang yang kehilangana arah yang hakiki, kemudian berbalik menjadi bunuh diri dan tindakan lain yang penuh dengan kenistaan.
Perenungan diri dan perencanaan diri, berbicara dengan bathin sendiri dengan penuh kejujuran, mengatakan yang benar itu benar dan mengakui yang salah itu salah. Adalaah pokok-pokok yang dapat menyebabkan diri kita berkembang dengan sempurna dan penuh kedewasaan. Komponen ilmu (kefahaman) agama dan keterbukaan diri anda merupakan menghantar hidup anda menuju sifat tidak lipstik dihadapan Tuhan dan manusia. Berlatihlah.
Motivasi teknikal
Tidak cukup anda dewasa hanya dengan motivasi spiritual yang kuat. Tidak cukup anda dapat bertahan dengan kemampuan spiritual saja. Tidak cukup anda dapat melahirkan mimpi-mimpi anda hanya dengan doa saja. Tidak cukup anda memperoleh kebahagian dunia dan menyelesaikan hidup anda hanya dengan kekuatan spiritual saja. Kini saatnya anda harus sadar, bahwa anda harus menggerakkan diri anda dengan bekal senjata dunia dan jenis senjata untuk beramal islami. Ilmu dunia dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan hidup anda adalah keharusan yang harus dimiliki.
Ketrampilan dasar seperti membaca, menulis, berbicara, mendengar, mengingat, mengkonsep merupakan alat dasar yang anda perlukan dalam hidup. Kemampuan dasar untuk hidup lain yang diperlukan seperti kemampuan memutuskan, menganalisa berlatih menyampaikan / mempresentasikan gagasan kepada orang lain.
Konsep pengembangan diri tidak untuk diri anda sendiri, akan tetapi anda harus berbuat untuk orang lain, masyarakat dan anda harus mampu memeperbaiki sistem kehidupan manusia menuju kehidupan yang lebih baik. Ini semua memerlukan teknologi yang relevan. Anda memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang relevan dengan pekerjaan anda.
KETRAMPILAN TEKNIKAL (Technical Skill)
Mengapa anda perlu membekali ketrampilan teknikal, karena pada masa akan datang akan melewati kondisi :
• Perubahan yang cepat,
• Perubahan yang tidak menentu,
• Dunia penuh tantangan,
• Kompetitive yang semakin berat,
• Komtrol lingkungan yang tinggi,
• Ledakan jumlah pendudukan,
• Era pelayanan pelanggan,
• Perubahan teknologi yang luar biasa, dan ……………….
Adapun kemampuan dilihat dari fungsi manajemen sebagai berikut:
Level Manajer Kebutuhan Skill untuk pemimpin Pekerjaan utama
TOP Konsep HAM Tek-nikal Visi, misi,
Strategi
Midle Konsep HAM Teknikal Kebijakkan
& manajerial
Lower Konsep HAM Teknikal Operasional


http://hahajhi.wordpress.com/2008/04/12/pengembangan-potensi-diri/

No comments: