Monday, April 20, 2009

Berita Polda jabar

Pendaftar Caba 2008 Turun 10 Persen

SOEKARNO-HATTA, (GM).-
Jumlah pendaftar calon bintara (caba) Polri untuk Panitia Daerah (Panda) Polda Jabar tahun 2008, turun sekitar 10% dari pendaftar tahun sebelumnya. Pasalnya, pada penerimaan caba kali ini pendaftar harus menyertakan ijazah SMA.

Berdasarkan data dari Biro Personel Polda Jabar, jumlah yang mendaftar sebanyak 2.860 orang. Sedangkan pada 2007 jumlah yang mendaftar lebih dari 3.000 orang.

Kepala Biro Personel Polda Jabar, Kombes Pol. Neddy Yuriadi mengatakan, hal itu disebabkan ada aturan yang dihapus. "Untuk penerimaan tahun lalu, siswa kelas tiga SMA yang belum lulus, bisa mendaftar. Sedangkan untuk tahun ini, hanya mereka yang telah lulus SMA yang bisa mendaftar," katanya kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jln. Soekarno-Hatta Bandung, Selasa (15/1).

Penghapusan tersebut disebabkan kebijakan penerimaan caba yang hanya satu kali pada 2008.Dari jumlah pendaftar 2.860 itu, yang lolos dalam seleksi awal yaitu tes kesehatan dan administrasi, mencapai 1.603. Mereka berasal dari Panda Polda Jabar (1.136 orang), Panda Cirebon (194 orang), dan Panda Bogor (273). "Mereka yang lulus tahap awal itu, baru saja menjalani tes psikologi," katanya.

Untuk tes akademik akan dilaksanakan pada Jumat (18/1) mendatang. Daftar soal dikirim langsung dari Propam Mabes Polri ke Propam Polda Jabar. Soal-soal itu dimasukkan ke dalam sebuah lemari yang memiliki tiga kunci. "Kunci-kunci itu dipegang oleh Kapolda Jabar, Kabid Propam, dan LSM," katanya. (B.44)**

No comments: