Thursday, April 2, 2009

PKBN Tahun 2008

Apatisme Generasi Muda Membahayakan Nasionalisme
16 Agustus 2008 07:51 WIB 11576 Dibaca | 0 Komentar
Reporter : Jajang

CETAK

KIRIM

DIGG

FACEBOOK

Buzz up!
TARAKAN--MI: Apatisme generasi muda terhadap persoalan kemasyarakatan merupakan salah satu gejala melemahnya semangat nasionalisme. Kondisi ini sangat membahayakan di tengah beragam tantangan global yang harus dihadapi generasi muda Indonesia saat ini dan masa mendatang.

"Tidak ada bangsa yang bisa mempertahankan eksistensi dan identitasnya tanpa tekad dan kesadaran bela negara tertanam dalam diri warganya. Dalam menghadapi tantangan global, generasi muda adalah pihak yang paling rentan mengalami degradasi nasionalisme. Hal ini harus dijaga dengan menanamkan kesadaran bela negara sedini mungkin," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault dalam sambutan yang dibacakan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Syahyan Asmara saat membuka Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) 2008 di Tarakan Kalimantan Timur, Jumat (15/8).

Program yang sudah memasuki angkatan ke 5 ini diselenggarakan Kemenegpora bekerjasama dengan Departemen Pertahanan dan Keamanan serta melibatkan para instruktur dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Pada PKBN 2008 ini diikuti 62 orang pemuda perwakilan berbagai organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia.
Selain mendapatkan beragam materi tentang nasionalisme, para peserta juga mendapat pelatihan dasar intelijen, pemeliharaan lingkungan hidup hingga teknik bertahan hidup di alam liar.

Selanjutnya para peserta akan mendapat pembekalan lapangan saat terjun berbaur dengan warga negara RI di sekitar perbatasan langsung dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kaltim.

Pembekalan lapangan ini akan diberikan oleh Menpora Adhyaksa Dault yang juga akan memimpin upacara peringatan proklamasi kemerdekaan di sisi perbatasan Indonesia-Malaysia di daerah Sungai Nyamuk, Pulau Sebatik Minggu (17/8) mendatang. (JJ/OL-2)

No comments: