Monday, April 6, 2009

Strategi

Strategi Mebfagadi Ujian Nasional 2009
Semester II sudah mulai, waktunya kita untuk menyiapkan diri menghadapi UAN 2008. Bagaimana strategi menghadapi UAN 2008 nanti?
Apa yang harus kita siapkan bersama? Strategi apapun yang akan kita pilih hendaknya tidak melupakan subjek yang akan menghadapi UAN itu sendiri, yaitu siswa. Keliru ,jika guru membuat strategi hanya berdasarkan pengalaman tahun lalu dan mengasumsikan kemungkinan UAN yang akan datang. Harus diingat bahwa karakter siswa setiap tahun berbeda.
Komitmen antara Guru Bidang Studi dan para siswa yang dituangkan dalam kebijakan-kebijakan Kepala Sekolah amat diperlukan. Tidak ada gunanya pendalaman materi yang dilakukan selama berbulan-bulan, jika para siswa melakukan hal itu tanpa kesadaran penuh akan tujuan akhir mereka: lulus dengan prestasi terbaik. Yang terjadi mungkin para siswa akan bosan dan jenuh. Para guru sia-sia mengorbankan waktu dan tenaga. Sekolah percuma menghabiskan biaya untuk pendalaman ini.
Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh beberapa sekolah sesuai kondisi sekolahnya masing-masing.

Melalui tulisan ini saya usulkan salah satu strategi yang mungkin cocok untuk sekolah Anda!
1. Langkah I : Menganalisis SKL ( Standar Kompetensi Lulusan )

SKL yang sudah dikeluarkan dari pemerintah janganlah langsung difotokopi lalu dibagikan kepada siswa.Kenapa harus dianalisis? Sebab, setiap siswa belum tentu mempunyai pemahaman yang sama.Yang kedua, dalam menganalisis SKL dibutuhkan suatu pengalaman, untuk dapat memprediksikan materi dan soal-soal yang akan dikeluarkan dalan UAN.

2. Langkah II : Membuat bank soal yang sesuai indikator-indikator SKL.

Di mana-mana banyak ditawarkan dan dijual bank soal untuk menghadapi UAN. Namun, akan tetap lebih baik jika guru sendiri yang menyusun bank soal itu. Sebab,bila guru sendiri yang menyusun soal bisa disusun secara sitematis berdasarkan hasil analisis SKL. Kelebihan yang lain, latihan-latihan yang diberikan guru pun bisa sistematis sesuai tuntuan SKL, sehingga dapat diketahui tuntutan SKL mana yang belum dikuasai siswa.

3. Langkah III : Melaksanakan try out.

Banyak sekolah sudah melaksanakan try out, tapi tidak sedikit pula soal –soal try out itu hanya menggunakan soal-soal tahun-tahun sebelumnya, dengan alas an karena guru sibuklah, tata usaha yang kebanyakan pekerjaan sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengetik soal-lah, dsb. Tetapi soal- soal try out sebaiknya disusun berdasarkan tuntutan indikator SKL secara keseluruhan.Hal ini dimaksudkan agar peningkatan ketuntasan setiap kompetensi siswa dapat terlihat.

4. Langkah IV : Melaksanakan pendalaman materi UAN

Berdasarkan hasil proses nomor 3 dan 4 maka, dapat ditentukan materi atau tuntutan SKL yang belum tuntas. Dari materi yang belum tuntas inilah yang menjadi bahan untuk pendalaman materi UAN. Guru tidak perlu bingung mencari materi pendalaman.Dengan demikian tujuan serta target hasil pendalaman jelas.

Semoga langkah-langkah dan strategi di atas dapat meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi UAN. Dan hasil UAN memuaskan!!! Semoga.

No comments: