Thursday, April 2, 2009

PKBN ANGKATAN VI TAHUN 2009

NGAGLIK --Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) Angkatan VI 2009 digelar di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK, dulu PPG Kesenian) Ngaglik, Sleman, Minggu (22/3) sore. PKBN ini dibuka oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora) Drs Sakhyan Asmara M.Sp dan akan berlangsung hingga 2 April mendatang.
"PKBN sangat penting dalam memperkuat semangat patriotisme dan nasionalisme. PKBN merupakan upaya menanamkan dan menumbuhkembangkan kesadaran pemuda melalui proses pendidikan penyadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara, meningkatkan sikap berdemokrasi sekaligus menempatkan pemuda sebagai pelaku utama pembangunan," kata Sakhyan Asmara.
Dikatakan, hasil yang diharapkan dari kegiatan PKBN ini antara lain meningkatnya wawasan kebangsaan peserta, tanggungjawab dan perilaku positif dalam kehidupan bermasyarakat, meningkatnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta terjaganya komitmen dari instansi/lembaga/ departemen terkait tingkat nasional dan daerah dalam megembankan potensi kepemudaan.
Dijelaskan, PKBN merupakan salah satu program unggulan dari Kemenegpora untuk meningkatkan wawasan kebangsaan para pemuda serta menegakkan NKRI berdasar Pancasila dan UUD 45.
Sementara dalam laporannya, penaggungjawab kegiatan PKBN 2009 Twisyono mengatakan peserta adalah pemuda pemudi usia 18‑25 tahun. Kali ini kegiatan diikuti 80 orang dari unsur satgas Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dari 15 provinsi di Jawa dan luar Jawa. (aro)

No comments: