Tuesday, October 26, 2010

Limbah berbahaya

Tak jarang sampah berbentuk padat, seperti sebuah la;eng atau kotak bekas. Tetapi limbah dari suatu pembangkit energi atau sebuah pabrik biasa berupa cairan gas. Beberapa dari limbah semacam itu bisa berbahaya. Limbah tersebut merusak alam jika manusia tidak membersihkannya dengan benar. Mobil dan rumah tangga juga bisa menghasilkan gas-gas yang berbahaya lewat pembakaran bahan bakar.

Pembangkit listrik juga dapat menjadi masalah pencemaran lingkungan. Limbah yang dihasilkan berupa gas-gas seperti batu baram minyak dan gasm untuk menghasilkan listrik bagi kita, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah kita, ke sekolah-sekolah dan pabrik-pabrik untuk menjalankan mesin. jadi, setiap kali kita menyalakan computer atau pesawat tv, kita sebenarnya membantu menciptakan limbah.

Saat pabrik-pabrik membuat barang-barang seperti sabunm obat atau catm bisa juga menghasilkan bahan-bahan kimia beracun sebagai produk limbahnya. Limbah-limbah cair tak jarang bocor masuk ke danau atau sungai; disana limbah-limbah itu merusak tumbuhan dan mencelakai margasatwa seperti ikan dan burung

Sejumlah pabrik memproduksi limbah beracun. Limbah seperti ini sangat berbahaya dan mengandung bahan kimia yang bisa mencelakai segala makhluk hidup, termasuk manusia. Limbah beracun tidak boleh di buang ke udara, tanah, maupun air. Limbah beracun dan limbah nuklir dari pusat-pusat pembangkit energi harus disimpan di dalam wadah-wadah yang disegel rapat-rapat. Limbah ini dikubur jauh di dalam tanah, namun masih tetap menimbulkan masalah jika bocor, bahaya limbah seperi ini mengancam selama beratus-ratus tahun.

No comments: